Kamis, 18 Januari 2018

Apa Itu Inbound Marketing? | Cara Baru Strategi Internet Marketing

Metodologi Inbound Marketing


Strategi marketing mutlak dibutuhkan seluruh bisnis. Dulu, banyak bisnis mengandalkan koran, televisi, baliho, brosur, dan telemarketing untuk menggaet konsumen. Selain membutuhkan modal yang cukup besar, teknik pemasaran konvensional tersebut juga dinilai kurang efektif, terlebih di era digital saat ini. Kini, banyak pebisnis yang lebih sering menerapkan inbound marketing dibandingkan teknik marketing konvensional.
Alih-alih menggaet konsumen dengan mengenalkan produk secara langsung, teknik inbound marketing fokus pada pembuatan konten yang tidak hanya mampu menarik perhatian konsumen potensial, tapi sekaligus dapat memberikan solusi bagi permasalahan yang sering ditanyakan konsumen.

Apa yang Dimaksud Inbound Marketing?
HubSpot mendefinisikan inbound marketing sebagai metode pemasaran yang bertujuan menarik konsumen melalui konten dan interaksi yang solutif dan relevan. Melalui teknik inbound marketing, Anda tidak perlu menjadi pihak yang mendekati konsumen. Sebaliknya, konsumen dapat menemukan Anda melalui media yang sering digunakan sehari-hari, seperti media sosial dan mesin pencarian.

Dilihat dari jangkauan target, teknik outbound marketing atau pemasaran tradisional cenderung memiliki cakupan yang lebih besar, tapi tidak fokus terhadap kelompok konsumen yang dituju. Sebaliknya inbound marketing mampu menyasar konsumen sesuai dengan target dan kebutuhannya.

Banyak orang mengandalkan mesin pencarian untuk mendapatkan solusi dari permasalahan sehari-hari. Berdasarkan kebiasaan tersebut, teknik inbound marketing dinilai lebih cocok untuk diaplikasikan di era digital seperti saat ini. Selain lebih efektif, inbound marketing juga lebih terukur dan tentunya hemat biaya.


4 Fase dalam Metode Inbound Marketing
Dalam inbound marketing, dikenal adanya empat fase menuju sukses, yang meliputi:

1. Attract
Pada fase ini, produk dan jasa yang Anda tawarkan belum banyak dikenal masyarakat. Dengan inbound marketing, Anda dapat mengenalkan produk tanpa mengganggu target. Anda dapat memanfaatkan blog, media sosial, maupun SEM dan SEO untuk mengenalkan produk Anda melalui konten digital.
2. Convert
Setelah sukses menjaring pengunjung, kini saatnya Anda mengubah “status” pengunjung menjadi klien atau konsumen. Caranya, maksimalkan landing page, call-to-action, dan formulir pendaftaran untuk mulai berinteraksi langsung dengan calon konsumen potensial.
3. Close
Kontak konsumen telah diperoleh, kini saatnya lakukan penjualan. Ada dua media yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan penjualan:
·         Email. Kirimkan email pada konsumen potensial yang berisi konten informatif berkaitan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan untuk mengkonversi mereka menjadi pembeli.
·         Marketing Automation. Proses pengiriman email kepada konsumen dapat juga dilakukan dengan bantuan email marketing autoresponder.

4. Delight
Konsumen yang puas dengan pelayanan Anda tidak hanya bersedia memberikan rating dan testimoninya. Mereka juga tidak segan untuk merekomendasikan produk maupun jasa Anda pada orang-orang di sekitarnya.

Elemen Penting dalam Inbound Marketing
Kesuksesan kampanye inbound marketing sangat ditentukan oleh adanya empat elemen penting, yang meliputi:

·         SEO
Search Engine Optimization (SEO) memainkan peran penting dalam menentukan efektivitas teknik inbound marketing. Penggunaan analisis keyword yang efektif, desain website yang user-friendly, serta metode SEO yang tepat dan mampu membantu peringkat website Anda di mesin pencarian dapat memastikan konten yang Anda buat akan dilihat target dan leads.

·         Blog
Content marketing tidak dapat dipisahkan dari blog. Konten blog yang menarik dan sesuai dengan niche tak hanya dapat meningkatkan traffic, tapi sekaligus dapat membangun komunitas dan target pasar yang sesuai dengan visi-misi produk Anda.

·         Media Sosial
Kehidupan masyarakat saat ini tidak pernah lepas dari media sosial. Bahkan, media sosial kini tak hanya berperan sebagai sarana komunikasi. Banyak pula masyarakat yang mengandalkan media sosial sebagai tempat mendapatkan informasi terkini.

·         Interaksi Langsung
Selain menyediakan konten menarik, Anda pun perlu meningkatkan interaksi dengan pengunjung melalui live events, polling, atau sesi tanya jawab. Adanya interaksi langsung dapat membantu mengukur keberhasilan efektivitas kampanye marketing Anda.


Inbound marketing dapat membantu merepresentasikan bisnis Anda dengan cara mudah, menarik, dan dapat dijangkau target konsumen. Dengan inbound marketing, perusahaan dapat menjadi marketer dan pemberi solusi bagi target audience

Cara Untuk mempelajari Inbound Marketing yang tepat adalah dengan mengikuti training gratis dari hubspot



Jika Anda membutuhkan Website Untuk Menanmpilkan  Display Bisnis Anda dan Menghasilkan Penjualan Online Di Tiap Bulannya. Hubungi IndonesiaGo Digital Sebagai Agensi Jasa Pembuatan Website Bisnis Terbaik Untuk Anda. 


0 komentar:

Posting Komentar