Di era
internet dan informasi seperti saat ini,
rasanya bila Anda sebagai pelaku bisnis tidak memiliki website, bisnis
Anda bisa mati perlahan. Sebelumnya pelaku bisnis pemula dan UKM sering merasa
biaya pembuatan website terlalu mahal, sehingga masih menanyakan perlukah setiap bisnis memiliki sebuah
situs website.
Namun
saat ini - sejalan dengan kesadaran para pebisnis tersebut- sebagian besar dari
mereka sudah melek internet. Oleh karenanya, sebagian besar pelaku bisnis
pemula dan UKM saat ini sudah memiliki website sendiri dan dikelola oleh tim
secara khusus.
Memiliki website bisnis menjadi hal yang krusial
layaknya Anda berbisnis memerlukan kantor, toko, atau bahkan nomor telepon.
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa 6 dari 10 pelanggan, mengharapkan
sebuah produk memiliki situs tentang bisnisnya.
Nah, bagi
Anda yang masih belum ‘aware’ dan
bertanya, perlukah setiap bisnis
memiliki sebuah situs website? Inilah 9 manfaat penting dari situs website
bisnis Anda.
1.
Terhubung
dengan Pelanggan Anda 24/7
Jika Anda
memiliki sebuah website berarti pelanggan Anda selalu bisa menemukan Anda kapan
pun dan di mana pun. Bahkan di luar jam kerja, website Anda akan terus mencari
pelanggan baru. Mereka dapat mengakses informasi yang dibutuhkan tanpa ada
paksaan membeli. Oleh karenanya pelanggan Anda tidak akan berpindah pada pesaing
bila Anda selalu online.
2.
Memberi
Peluang untuk Berkembang
Website
pada dasarnya menjadi cara terbaik memberikan akses pada investor yang potensial.
Situs Anda menjelaskan tentang perusahaan Anda, pencapaiannya, dan apa yang
akan diraih di masa mendatang.
3.
Memperluas
Target dan Pangsa Pasar Bisnis Anda
Jika
website Anda dapat diakses oleh siapa saja dari seluruh pelosok dunia, Anda
dapat memperluas jaringan bisnis hingga melewati batas negara. Siapapun akan
dengan mudah menemukan perusahaan Anda, sehingga bisa menjadi pelanggan
potensial Anda.
4.
Menampilkan
Portofolio dan Iklan Bisnis Anda
Dibandingkan dengan metode iklan tradisional –
dengan adanya tool seperti Google
AdWords atau iklan Facebook - dapat memberikan kekuatan bagi bisnis Anda, untuk
meraih pelanggan dengan lebih akurat dan reliabel. Iklan online dan SEO dapat
membantu membangun kesadaran pelanggan, sehingga mampu meningkatkan trafik
website Anda.
Baca juga: Apa itu SEO
5.
Meningkatkan
Layanan Pelanggan
Website
menjadi cara terbaik untuk meningkatkan layanan pelanggan. Bahkan dapat
menjawab pertanyaan yang sering diajukan pelanggan secara teratur, sehingga
Anda dapat mengurangi biaya Customer Service dan menghemat uang dan waktu. Anda
juga dapat memberikan informasi lebih banyak pada pelanggan. Selain itu
hubungan dengan pelanggan lebih berkualitas, dan semua feedback dari pelanggan bisa tertuang dalam testimoni secara
online.
6.
Menghemat
Waktu dan Uang
Selain
memberikan informasi, website Anda dapat dimanfaatkan sebagai tempat menjual
barang dan jasa secara langsung kepada konsumen. Dengan demikian, dalam
beberapa kasus Anda dapat menghemat uang tanpa toko offline yang biaya
operasionalnya tinggi. Selain itu, Anda juga bisa menghemat waktu dengan
menggunakan website sebagai satu wadah informasi bagi kalangan internal
perusahaan.
7.
Terlihat
Profesional dan Lebih Kredibel
Saat ini
pelanggan potensial akan meragukan perusahaan yang bereputasi jika tidak
memiliki website dan alamat email. Ini sama halnya bila perusahaan Anda tidak
memiliki nomor telepon dan alamat kantor. Hal ini disebabkan dalam sebuah
website, pelanggan dapat mengetahui informasi krusial terkait bisnis Anda dan
memberikan pengalaman positif bagi
pelanggan.
8.
Pertukaran
Informasi
Sebuah
website dapat menjadi cara tercepat dan termudah untuk memberikan informasi
antara penjual dan pembeli. Anda dapat memberikan informasi terkait jam buka,
informasi kontak, serta gambar produk
dan denah lokasi. Bahkan Anda bisa menggunakan formulir agar memudahkan permintaan pelanggan potensial ataupun untuk
memberikan feedback. Selain itu, Anda juga bisa mempromosikan kanal
media sosial Anda dan membangun komunitas pelanggan.
.
Mengenal
Pelanggan Lebih Jauh
Dengan
memanfaatkan Analytic tools, Anda
dapat mengetahui jenis pelanggan bisnis Anda, cara mereka menemukan Anda, apa
yang mereka sukai, sehingga Anda dapat melakukan perubahan untuk memaksimalkan
pembelian melalui website Anda.
Nah, jadi
pertanyaan perlukah setiap bisnis
memiliki sebuah situs website di atas, Anda pasti sudah tahu jawabannya.
***
Sumber: IndonesiaGo DIgital
0 komentar:
Posting Komentar