Senin, 27 Agustus 2018

Akta Pendirian Perseroan Terbatas Khusus Travel


Dalam menyiapkan perusahaan pariwisata, akan ada banyak perizinan yang harus Anda urus. Salah satunya adalah akta pendirian Perseroan Terbatas. Pembuatan akta ini dilakukan di notaris yang berwenang.



Akta pendirian Perseroan Terbatas khusus travel memiliki format yang sama dengan akta perusahaan perdagangan lainnya. Hanya saja, di dalamnya, bidang pariwisata menjadi bidang utama perusahaan. Sebaiknya, bidang usaha tidak ditambah dengan bidang usaha lainnya sebab definisi pariwisata sendiri sudah mencakup sekitar 73 jenis usaha yang berkaitan.



Secara umum, definisi perusahaan biro perjalanan wisata adalah kegiatan usaha komersial yang mengelola, menyediakan, dan menyelenggarakan pelayanan perjalanan wisata bagi perorangan atau kelompok. Hal ini tercatum pada SK Direktorat Jenderal Pariwisata Nomor Keputusan 16/U/II tanggal 25 Februari 1988.



Perjalanan yang disediakan oleh perusahaan biro perjalanan wisata adalah perjalanan di dalam dan ke luar negeri. Secara khusus, sebutan biro perjalanan wisata lebih ditujukan pada perusahaan yang memberikan atau mengatur paket perjalanan wisata untuk pelanggannya, bukan sekadar menjual tiket transportasi wisata.





Mengapa Perseroan Terbatas?

Beberapa tahun yang lalu, mendirikan travel masih bisa menggunakan badan usaha yang berupa CV. Namun, sejak tahun 2010, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menetapkan bahwa badan usaha untuk biro perjalanan wisata haruslah berbentuk Perseroan Terbatas atau PT.



Alasannya, pengaturan harta perusahaan pada PT dipisah dari aset pribadi pemilik perusahaan. Selain itu, PT memiliki status badan hukum yang dinilai paling sesuai untuk bisnis di bidang pariwisata karena berhubungan dengan pelanggan dan badan usaha lain secara langsung.



Pembentukan PT juga memberikan peluang lebih besar bagi perusahaan untuk berkembang dan menerima tanaman modal dari pihak lain di kemudian hari. Ke depannya, sebuah perusahaan biro perjalanan wisata mungkin saja meluas hingga ke relasi internasional. Inilah mengapa bentuk PT dapat menjadi tumpuanhukum yang kuat bagi perusahaan.






Syarat Pembuatan Akta Pendirian Perseroan Terbatas Khusus Travel

Akta pendirian Perseroan Terbatas khusus travel dibutuhkan sebelum PT diterbitkan. Untuk membuatnya, Anda perlu mendatang notaris yang berwenang di daerah domisili perusahaan. Berikut adalah syarat yang harus Anda persiapkan:




1.      Fotokopi Pendiri Perusahaan

Jumlah minimal pendiri perusahaan adalah dua orang. Siapkan beberapa lembar fotokopi sebagai bukti identitas.



2.      Fotokopi NPWP

Pada pendiri perusahaan wajib memiliki NPWP aktif. Setelah PT jadi, barulah perusahaan wajib memiliki NPWP atas nama perusahaan.



3.      Fotokopi Kartu Keluarga

Jika salah satu pendiri atau direktur utama yang ditunjuk adalah perempuan, maka wajib melampirkan fotokopi KK.


4.      Pasfoto Direktur Utama

Pasfoto direktur utama nantinya akan dicantumkan pada akta perusahaan dan beberapa berkas lainnya. Siapkan pasfoto 4 x 6 cm dengan latar belakang berwarna merah.



5.      Surat Keterangan Domisili Usaha

Surat keterangan ini sering dikenal dengan SKDU yang dikeluarkan oleh RT/RW setempat atau pengurus gedung tempat kantor berada.



6.      Dokumen Lain

Dokumen lain yang perlu disiapkan adalah bukti kepemilikan atau sewa kantor, PBB kantor, dan foto interior serta eksterior kantor.






Biaya Pembuatan Akta Pendirian Perseroan Terbatas Khusus Travel

Walaupun besaran biaya pembuatan akta pendirian Perseroan Terbatas khusus travel akan berbeda sesuai lokasi dan skala perusahaan, biasanya sudah ada harga standar yang disepakati oleh para notaris yang berkisar antara Rp3.000.000 hingga Rp10.000.000.



Setelah akta perusahaan, Anda harus segera mengurus izin lainnya seperti TDP BPW, NPWP, serta Surat Izin Gangguan (HO). 



Bagi Anda yang mungkin sibuk dan tidak bisa mengurus sendiri, pertimbangkan untuk menggunakan jasa untuk membantu Anda membuat semua perizinan agar usaha travel bisa segera dimulai.



Bingung untuk menentukan perizinan usaha yang anda lakukan? Gamau ada kendala dalam menjalankan usaha?
PROLEGAL siap membantu anda, segera hubungi hotline kami di +62822 1000 9872 atau email: info@prolegal.id.




Baca juga: Ingin mendirikan PT dibidang Pariwisata? ini yang harus anda siapkan.

0 komentar:

Posting Komentar