Rabu, 02 Januari 2019

Kisaran Biaya dan Prosedur Pembuatan PT di Depok






Cari tahu berapa biaya dan prosedur pendirian badan usaha dengan jasa pembuatan PT di Depok, agar lebih Anda bisa fokus dalam pengembangan bisnis.





Mendirikan badan usaha seperti PT adalah solusi paling tepat dalam upaya melebarkan sayap bisnis yang tengah Anda jalani. Jika telah berbadan hukum, Anda jelas lebih leluasa melakukan beragam aktivitas bisnis. Hal terpenting lainnya, pendirian PT membuat Anda perlu memisahkan secara tegas antara kekayaan pribadi dan perusahaan. Maka, apapun yang terjadi pada perusahaan, tidak berpengaruh pada kekayaan pribadi.

Boleh jadi Anda yang masih ragu untuk mendirikan PT didorong oleh kekhawatiran menjalani serangkaian prosedur rumit. Tenang saja, kini pemerintah telah berkomitmen untuk mempermudah perizinan usaha dan pendirian usaha berbadan hukum melalui Perpres No. 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha. Anda cukup menyiapkan seluruh dokumen yang diminta, memahami prosedur, dan menggunakan jasa pembuatan PT di Depok yang kredibel.

Biaya dan Prosedur Pembuatan PT

Mengingat Depok masih dalam cakupan wilayah Jakarta dan sekitarnya, maka perkiraan biaya pembuatan PT di area ini kurang lebih sama dengan area Jabodetabek lainnya, yakni mulai dari Rp8 juta sampai Rp12 juta. Namun, Anda perlu menyiapkan seluruh dokumen sesuai persyaratan yang diminta. Biasanya, jasa pembuatan PT di Depok akan memberitahu daftar dokumen apa saja yang harus dipenuhi. Setelah itu, Anda pahami juga prosedur pendirian PT seperti dijelaskan berikut ini.

Pengajuan nama PT

Siapkan nama PT yang Anda inginkan, minimal tiga suku kata dan tidak berbahasa asing. Pengajuan nama dilakukan melalui Sistem Administrasi Badan Hukum (SABH) Kementerian Hukum dan HAM, sehingga Anda dapat mengetahui apakah nama tersebut masih bisa digunakan atau tidak.

Pembuatan akta pendirian

Silakan bertemu dengan notaris guna pembuatan akta pendirian perusahaan. Biasanya dalam akta akan tertera nama PT, tempat dan kedudukan, maksud dan tujuan, bidang usaha, struktur permodalan, serta nama pemegang saham dan pengurus perusahaan.

Pengurusan surat keterangan domisili perusahaan

Kunjungi kantor kelurahan domisili perusahaan Anda untuk mendapatkan surat keterangan domisili perusahaan (SKDP). Sama dengan pendirian PT di wilayah Jakarta, untuk area Depok melarang penggunaan rumah tinggal sebagai tempat usaha. Guna menyiasati hal ini, Anda bisa saja memanfaatkan virtual office jika belum bisa menyewa ruko di area bisnis dan perdagangan.
Selain itu, Anda juga perlu mengurus surat izin gangguan atau HO (Hinder Ordonnantie), terutama jika usaha Anda bergerak dalam bidang ritel/toko modern, rumah makan, toko material, SPBU, showroom mobil/motor, bengkel mobil/motor, dan biro perjalanan wisata.

Pengurusan SK pengesahan akta pendirian

Anda bisa mengirimkan salinan akta perusahaan dan SKDP melalui SABH secara online. Lalu, Kementerian Hukum dan HAM akan menerbitkan SK pengesahan akta pendirian perusahaan.

Permohonan NPWP perusahaan

Kunjungi KPP berdasarkan domisili perusahaan, dengan membawa SKDP dan salinan akta perusahaan. Kemudian, Anda akan memperoleh NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar Pajak (SKT Pajak).

Pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

SIUP berupa surat izin yang diterbitkan agar Anda dapat melakukan usaha perdagangan maupun jasa. Pada SIUP akan dicantumkan izin usaha dalam bentuk empat digit KBLI, yakni klasifikasi bidang usaha yang diterbitkan oleh BPS melalui Perka BPS 19 tahun 2017.

Pengurusan TDP

Tanda Daftar Perusahaan (TDP) bisa Anda ajukan segera setelah terbitnya SIUP. Biasanya, dalam TDP akan dicantumkan satu bidang usaha utama yang ada dalam SIUP. Ini merupakan tahap terakhir dari prosedur pembuatan PT.

Sebagai informasi tambahan, sejak bulan Juli 2018, pemerintah meluncurkan OSS atau Online Single Submission guna penyederhanaan pengurusan izin berusaha dan membangun sistem pelayanan perizinan yang terintegrasi. Layanan ini dapat digunakan di seluruh Indonesia, baik pada tingkat kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah.

Demikian penjelasan tentang biaya dan prosedur pembuatan PT di Depok. Meski prosedur di atas tampak mudah, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan PT di Depok agar lebih menghemat waktu. Jadi, Anda dapat lebih fokus pada pengembangan produk, jasa, atau strategi pemasaran. Lebih praktis, bukan?
           


Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mendirikan badan usaha seperti pendirian PT Anda dapat menghubungi Prolegal di info@prolegal.id atau di +6221-8067-4920



0 komentar:

Posting Komentar